Breaking News

Guna Melakukan Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat Pedesaan, Mahasiswa Lakukan Pengobatan Gratis

JurnalMalang - Rendahnya kualitas kesehatan yang ada di Indonesia, khususnya pada masyarakat
pedasaan merupakan salah satu persoalan yang sudah ada sejak dulu.
Berbagai upaya melalui program-program peningkatan kualitas kesehatan telah dilakukan oleh
pemerintah meski belum merata.
Melihat persoalan tersebut, kelompok Kuliah Kerja Nyata 07 Universitas Muhammadiyah Malang berusaha untuk turut serta mewujudkan peningkatan kualitas kesehatan yang ada di pedesaan. Bertempat di Desa Wonoayu, Kecamatan Wajak, Malang, KKN 07 UMM menyelenggarakan pengobatan gratis bagi warga sekitar.
Pengobatan gratis yang diselenggarakan pada Senin (21/19) dan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB. Terlihat warga sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Terbukti dari banyaknya warga yang hadir yakni mencapai 48 pasien.
Kegiatan yang juga melibatkan kerjasama dengan LSO TIMAPKES dari Fakultas Ilmu Kesehatan UMM ini dilaksanakan di Balai Desa Wonoayu. Tak hanya di lokasi tersebut, pelayanan kesehatan gratis pun juga dilakukan dengan sistem home visit. Hal ini dilakukan karena terdapat beberapa warga yang tidak memungkinkan untuk hadir karena menderita penyakit kronis seperti kaki kajah, stroke, dan tumor. Tercatat bahwa terdapat 5 warga yang diberi pengobatan gratis melalui sistem home visit.
Selain pengobatan gratis, KKN 07 UMM juga menyediakan layanan untuk mengkonsultasikan berbagai keluhan kesehatan yang dialami. Rata-rata keluhan yang disampaikan meliputi pegal linu, batuk, sesak nafas, sakit perut dan penyakit-penyakit umum lainnya. Melalui konsultasi tersebut, diharapkan agar mulai saat ini, warga dapat menyadari betapa pentingnya untuk menjaga kesehatan.
"Kami sangat senang karena kegiatan berjalan sangat lancar. Melalui program ini, saya harap warga Desa Wonoayu dapat memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik.” ujar Yogye Eka Pratama, selaku penanggung jawab sekaligus Kepala Divisi Lingkungan dan Kesehatan KKN 07 UMM. (nnd).
" Selamat Datang www.DetakKepri.com "